Sumedang bukan cuma familiar akan tahunya saja, daerah liburan di Sumedang malah mempunyai kekuatan tarik tersendiri. Apalagi liburan alamnya yang banyak, dan juga masih natural. Curug Ciputrawangi sempat ditutup sebagian waktu lalu, dampak dari dilegalkannya PPKM kawasan di Indonesia termasuk Kabupaten Sumedang. Meski Curug Ciputrawangi termasuk salah satu obyek liburan favorit Desa Narimbang, dan senantiasa spaceman ramai dikunjungi pengunjung yang berasal dari bermacam-macam tempat.

Curug Ciputrawangi dikala ini telah mulai dibuka kembali, dengan menggunakan undang-undang protokol kesehatan yang dicanangkan Pemerintah. Berikut deskripsi atau ilustrasi dari Curug Ciputrawangi, sebagai bahan rujukan daerah liburan alam yang ada di Sumedang.

Lokasi dan Domisili Curug Ciputrawangi

Lokasi Curug Ciputrawangi berada di salah satu jalanan pendakian menuju Gunung Tampomas. Secara administratif berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Ciputrawangi

Jalan menuju Curug Ciputrawangi bisa menerapkan kendaraan roda dua ataupun roda empat, tapi lebih bagus menerapkan roda dua supaya bisa terus melaju sampai ke spot berikutnya.

Lokasi Curug Ciputrawangi berada sekitar 10 km dari sentra kota Sumedang ke arah Cirebon. Teruslah melaju sampai tiba di Simpang Legok. Kemudian arahkan menuju Conggeang dengan lewat jalanan Legok-Conggeang, sampai hasilnya kau tiba di Ciporong. Indah terakhir ambil arah menuju Desa Narimbang. Berikutnya tinggal menemukan gerbang masuk Wanawisata Curug Ciputrawangi, dan parkirkan kendaraan yang diaplikasikan di daerah yang telah disediakan.

Jam Buka Curug Ciputrawangi
Jam operasional Curug Ciputrawangi buka tiap-tiap hari Senin sampai Pekan, selama 24 jam.

Karcis Zona Curug Ciputrawangi
Harga karcis masuk Curug Ciputrawangi sebesar Rp. 5.000,-
Parkir kendaraan membayar Rp. 5.000,-

Fasilitas Curug Ciputrawangi
Fasilitas yang ada di sekitar Wanawisata Curug Ciputrawangi diantaranya:

Mushola,
Kecil parkir kendaraan,
Warung,
Jalur makanan dan minuman,
Trekking Menuju Curug Ciputrawangi
Untuk merasakan estetika Curug Ciputrawangi kau patut mengerjakan trekking terutamanya dulu, dengan menapaki jalanan pendakian diantara rindangnya pohon-pohon.

Estimasi trekking menuju Curug Ciputrawangi sekitar 20 sampai 30 menit, tergantung pada kecepatan dan tenaga kau sendiri.

Kekuatan trekkingnya masih berupa tanah dan bebatuan, diperjalanan kau akan berjumpa dengan dua buah aliran air itu bukan Curug Ciputrawangi ya. Terulah lanjutkan pendakian, sampai kau menemukan sebuah air terjun berundak yang lebar di tebing batu berwarna hitam.

Indah Tarik Curug Ciputrawangi
1. Air Terjun Indah Meskipun
Curug Ciputrawangi berada diantara rimbunnya pohon-pohon, sehingga suasana yang dirasa adem dan juga teduh banget. Seperti sudah diceritakan di atas Curug Ciputrawangi yakni jenis air terjun berundak, dengan ketinggian sekitar 7 meter.

Selain tidak semacam itu tinggi, tapi Curug Ciputrawangi konsisten cantik. Air yang dialirkannya amat bening, sampai kau bisa mengamati ke dasar kolam penampungan yang ada di depannya. Kolam penampungan hal yang demikian juga tidak dalam, sehingga kau tak dapat berenang di kolamnya. Indah bisa kau lakukan hanyalah bermain air atau menikmati ademnya air dengan duduk ideal di bawah aliran airnya.

Konon katanya Curug Ciputrawangi yakni lokasi untuk minum kawanan macan tutul yang tinggal di Gunung Tampomas. Kecuali itu, binatang penghuni Gunung Tampomas lainnya malah menciptakan Curug Ciputrawangi sebagai daerah untuk melepas dahaga.

2. Alam Indah
Wanawisata Curug Ciputrawangi mempunyai alam yang masih amat asri, hal hal yang demikian ditandai dengan masih rindangnya pohon-pohon yang ada. Kecuali rindang, pohon-pohon hal yang demikian malah melambung tinggi ke atas ikonik banget bila diciptakan titik untuk berfoto. banget deh pokoknya, nikmat diciptakan daerah untuk beristirahat dari seluruh kegiatan yang ada.

3. Ciputrawangi Garden
Ciputrawangi Garden ialah sebuah taman indah yang dilengkapi dengan sebagian titik foto Instagramable, layak untuk kau para Instaholic.

Untuk menjelang wilayah Ciputrawangi Garden, kau patut membayar tarif karcis masuk sebesar Rp. 10.000,-.

Geef een reactie