Batuk Tak Kunjung Sembuh, Begini Cara Mengatasinya

Batuk kronis yang tidak kunjung membaik hingga lebih dari satu bulan pastinya bisa sangat membuat tidak nyaman. Pasalnya, ini dapat membuat seseorang yang mengalami tidak bisa beraktivitas dengan baik. Bahkan, disebutkan pula bahwa batuk tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu yang lebih serius.

Oleh karena itu, kamu harus tahu sebenarnya apa yang menjadi penyebab terjadinya batuk kronis dan cara tepat mengatasinya. Tujuannya agar batuk bisa segera membaik dan kamu bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. 

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk kronis atau batuk yang tak kunjung sembuh pengeluaran sgp berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya lebih dari satu bulan. Sebenarnya, kondisi ini bukan menjadi suatu penyakit, tetapi dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan tertentu. Penyebabnya juga bisa sangat beragam.

Misalnya, paparan polusi udara berlebihan, memiliki kondisi medis seperti infeksi, asma, penyakit asam lambung, atau efek samping dari pemakaian obat tertentu. Selain itu, batuk tak kunjung sembuh juga dapat menunjukkan gejala dari gangguan pada paru-paru, bronkitis kronis, kanker paru, dan masalah pada jantung. 

Inilah mengapa, batuk tak kunjung sembuh tidak boleh dibiarkan dan harus segera mendapatkan penanganan. Terutama apabila disertai dengan gejala seperti sesak napas, sakit tenggorokan, suara serak, sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri pada dada, demam, hingga batuk yang disertai dengan darah. 

Penanganan Batuk Tak Kunjung Sembuh

Lalu, bagaimana penanganan yang efektif untuk batuk tak kunjung sembuh? Selain mengonsumsi obat seperti anjuran dokter, kamu bisa melakukan beberapa tindakan penanganan secara mandiri berikut ini. 

  1. Perbanyak asupan cairan terutama air putih hangat untuk membantu melegakan tenggorokan sekaligus mencegah dehidrasi, sehingga tenggorokan tidak terlalu gatal dan membantu membuat lendir menjadi lebih encer.
  2. Batasi asupan makanan yang dapat membuat batuk menjadi semakin memburuk. Jika memang perlu, hindari untuk mengonsumsinya. Misalnya, makanan berminyak, tinggi lemak, makanan pedas, dan asam yang bisa membuat tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman.
  3. Tidak merokok dan sebisa mungkin menjauh dari paparan asap rokok. Keduanya bisa membuat batuk menjadi lebih buruk.
  4. Jaga udara di rumah tetap lembap. Kamu bisa menggunakan alat pelembap udara, mandi air hangat, atau menggunakan uap dari minyak esensial untuk membantu melegakan tenggorokan dan pernapasan.
  5. Menjalani terapi neti pot atau irigasi hidung dengan menggunakan larutan garam. Ini dapat membantu mengeluarkan lendir sekaligus membersihkan hidung. 

Pastikan untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan medis bila kamu merasakan batuk tak kunjung sembuh, meski sudah melakukan perawatan dan mengonsumsi obat bebas. Dengan begitu, kamu terhindar dari risiko komplikasi yang bisa jadi lebih berbahaya.

Geef een reactie