Cek Fakta: Klarifikasi BMKG Soal Waspada Tsunami Sumatera 2024

Berita perihal adanya tsunami di Sumatera pada 2024 beredar di media sosial. Berita tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 19 April 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi narasi bahwa tsunami bakal terjadi di Sumatera pada 2024. Berisi narasinya.

Kepala Sentra Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menegaskan bahwa Sesar Sumatera berpotensi terjadinya gempa darat.

Pada perayaan Hari Meteorologi situs slot gacor Dunia Ke-74, saya mengingatkan kembali bahwa Sesar Sumatera ini riil, dan ada ancaman terdapat sumber gempa di darat,” kata Kepala Sentra Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Pasaman, Minggu (24/3/2024).

Rahmat menjelaskan bahwa gempa darat tak senantiasa memerlukan magnitudo besar untuk menimbulkan akibat yang signifikan. Bahkan, gempa dengan magnitudo 6 saja telah dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius.

Dengan adanya peringatan ini, diharapkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat serta pemerintah daerah kepada potensi bahaya gempa dari darat dapat ditingkatkan, sehingga langkah-langkah mitigasi yang tepat sasaran dapat diimplementasikan untuk mengurangi risiko bencana.

Akun Facebook tersebut kemudian meminta, masyarakat untuk mewaspadai gempa darat yang berpotensi tsunami di Sumatera pada 2024.

“Waspada Akan Terjadi Gempa Darat Penelusuran Akan Berpotensi Sunami Di Sumatera Pada Tahun 2024 😱,” tulis salah satu akun Facebook.

Alhasil Fakta
Semacam terdapat sebagian artikel yang meluruskan isu tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul “Beredar Hoaks ‘Waspada Ada Tsunami Sumatera 2024’, Faktanya” yang dimuat web Liputan6.com pada 3 Mei 2024.

Geef een reactie