Destinasi Wisata Alam Air Terjun Cantik Keren di Jeneponto 

Berwisata adalah salah satu hobi seluruh orang saat masuk weekend dan hari libur. Indonesia juga negara yang kerap dikunjungi oleh wisatawan wild bandito mancanegara karena terdapat banyak sekali daerah wisata khususnya yang bernuansa alam. Tempat-tempat wisata alamnya tersebar di seluruh wilayah, salah satunya adalah Air Terjun Tama’lulua.

Air terjun tersebut berada di tanah Sulawesi Selatan. Belum banyak wisatawan yang mengenal nama air terjun ini karena pihak pengelolanya bukan berasal dari pemerintah setempat, melainkan berasal dari penduduk yang tinggal di kurang lebih lokasi. Meski begitu, eksotisme air terjun terpancar berasal dari pemandangan air terjun itu sendiri dan juga pemandangan alam di sekitarnya.

Pecinta wisata alam akan benar-benar termanjakan saat mendatangi Air Terjun Tama’lulua nan cantik ini. Bagaimana tidak, berasal dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia, air terjun di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan tersebut juga salah satu air terjun yang menyuguhkan pemandangan seperti lukisan alam yang terwujud dalam nyata dan tidak kalah indahnya berasal dari air terjun di luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tama’lulua

1. Mempunyai Nama Lain yang Unik

Masyarakat setempat punyai nama lain yang terdengar unik untuk air terjun ini yakni Air Terjun Bossolo. Penamaan tersebut karena wisatawan akan lewat hutan yang lebat, banyak pepohonan hijau, dan perbukitan. Perbukitan inilah yang dinamakan dengan Bukit Bossolo sehingga jadi nama lain berasal dari air terjun itu.

Dari bukit inilah, wisatawan sanggup menyaksikan pemandangan air terjun dengan paham berasal dari atas. Bahkan, bukit Bossolo juga jadi spot favorit untuk wilayah pengambilan foto yang bagus dengan full background berbentuk Air Terjun Tama’lulua. Terlebih kembali ada postingan ‘Bossolo’ yang terbuat berasal dari ban bekas dan bambu sebagai penunjang foto.

2. Perjalanan Menuju ke Air Terjun Tergolong Ekstrim

Karena keberadaan air terjun ada di balik tebing-tebing tinggi, maka wisatawan yang idamkan mampir kesana pun wajib lewat perjalanan yang ekstrim.

Namun, hal ini bukan jadi suatu persoalan bagi wisatawan yang memang hobi menaklukkan alam, bagaimanapun ada masalah medannya menuju ke wilayah dan besarnya perjuangan.

Oleh karena itu, tiap tiap wisatawan yang memang tertantang untuk menaklukkan alam sampai sampai di dekat air terjun, wajib dalam situasi tubuh yang fit dan prima. Hal ini karena jalur yang akan di lewati adalah naik-turun bukit dan wajib berjalan kaki tidak cukup lebih 1 jam untuk melalui jalur bebatuan dengan kemiringan 45 derajat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Lokasi Air Terjun Tama’lulua berada di wilayah Sulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Jeneponto. Dari pusat kota, wisatawan sanggup menempuh perjalanan ke wilayah air terjun yang terletak di kawasan Kecamatan Rumbia, Desa Ramba ini tidak cukup lebih 30 km. Untuk sanggup sampai di kota Jeneponto, wisatawan sanggup berangkat berasal dari pusat kota Makassar kurang lebih 3 jam perjalanan.

Rute yang sanggup di lewati adalah lewat Kabupaten Gowa, Takalar, lantas Jeneponto. Sesampainya di kota Jeneponto, wisatawan akan menemukan patung kuda berukuran besar lantas belok ke arah kiri.

Selanjutnya, wisatawan sanggup masuk ke arah Jalan Kelara. Dari jalur tersebut, wisatawan membutuhkan saat kurang lebih 30 menit untuk sampai di Desa Rumbia.

Perjalanan dilanjutkan berasal dari jalur poros yang ada di Desa Rumbia ke daerah parkiran Air Terjun Tama’lulua kurang lebih 5 menit saja. Dan untuk sanggup sampai di air terjunnya, wisatawan wajib trekking tidak cukup lebih 1 jam

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Sampai di daerah parkir kawasan air terjun, wisatawan akan dikenakan ongkos parkir Rp 2.000 bagi yang memanfaatkan kendaraan roda dua.

Sementara itu, untuk kendaraan roda empat ongkos parkirnya adalah Rp 5.000. Apabila wisatawan idamkan mencoba sampai ke basic air terjunnya, wisatawan wajib menuruni daerah perbukitan tidak cukup lebih 500 meter.

Untuk menuju ke air terjun, wisatawan dipungut ongkos sebesar Rp 7.000 yang sudah juga uang parkir dan tiket masuk.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Hunting Foto

Kegiatan wajib wisatawan yang mampir ke daerah wisata alam eksotis ini adalah hunting foto. Panorama kawasan air terjun yang didominasi dengan tebing-tebing curam dan perbukitan hijau jadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Ada beberapa titik yang sanggup dijadikan untuk wilayah pengambilan foto yang bagus.

Trekking ke Lokasi Air Terjun Tama’lulua

Sebelum sampai di basic Air Terjun Tama’lulua, wisatawan akan diajak untuk naik turun bukit dan trekking lewat jalanan berbatu yang ekstrim karena kemiringannya kurang lebih 45 derajat. Meski begitu, wisatawan yang hobi naik gunung atau mengeksplorasi alam justru tertantang untuk melaksanakan aktivitas trekking ini.

Mengunjungi Goa Bossolo

Di dekat wilayah keberadaan air terjun terdapat Bukit Bossolo yang di sampingnya terdapat Batu Sembayang berukuran besar. Di bawah batu tersebut ada goa tersembunyi yakni Goa Bossolo yang sanggup dikunjungi dengan berjalan jauh dan lewat turunan panjang.

Geef een reactie