Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Manfaat bunga lawang tak kalah mengundang perhatian dari tampilannya. Bunga Lawang yang kondang karena tampilan uniknya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Khasiat tanaman herbal ini pun tidaklah main-main karena terbukti ampuh sebagai penyembuh berbagai jenis penyakit.

Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, langsung Keluaran SDY saja simak beberapa manfaat bunga lawang di bawah ini.

Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek termasuk jenis penyakit yang umum di masyarakat. Walau demikian, bukan berarti bisa dianggap remeh. Jika tak ditangani, maka bisa memperparah kondisinya.

Adapun salah satu cara menyembuhkan ialah dengan menggunakan bunga lawang. Di dalam bunga lawang ada kandungan thymol, terpineol, hingga anethole.

Kandungan-kandungan tersebut sangat ampuh untuk membasmi masalah batuk dan pilek. Semakin baik untuk dimanfaatkan karena bunga lawang juga memiliki zat antioksidan yang melimpah.

Berkat kandungan tersebut, sistem imunitas tubuh bisa mengalami peningkatan. Jika sudah demikian, Anda tak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit saat sudah sembuh dari batuk dan pilek.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Aliran darah yang lancar bisa berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Untuk melancarkan sirkulasi darah pun, Anda bisa coba manfaat bunga lawang.

Bunga lawang memiliki kandungan zat besi yang berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini tak hanya berguna untuk melancarkan aliran darah saja, namun juga mendukung sirkulasi oksigen dan menambah energi.

Mencegah Peradangan

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa bunga lawang kaya manfaat sebab memiliki kandungan antioksidan. Nyatanya kandungan tersebut tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh saja, namun juga mencegah peradangan.

Pasalnya, kandungan tersebut juga berdampingan dengan anti inflamasi. Karena kinerja kandungan ini, maka Anda bisa terhindar dari masalah rematik, bronkitis, aterosklerosis, dan masih banyak lagi.

Mendukung Produksi ASI 

ASI sangatlah penting bagi ibu hamil yang baru selesai persalinan. Hal ini karena sudah saatnya ibu hamil memasuki fase menyusui.

Jangan sampai kebutuhan ASI tak tercukupi karena produksinya terhambat. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, langsung saja ambil manfaat bunga lawang.

Tak banyak yang tahu bahwa bunga lawang mengandung senyawa anethole. Senyawa tersebut mempunyai struktural yang sama dengan dopamin.

Dengan alasan tersebut, senyawa ini bisa mengeluarkan dopamin. Produksi ASI pun bisa meningkat. Anda tak perlu cemas karena sang buah hati bisa mendapatkan ASI secara cukup.

Manfaat Bunga Lawang Mengatasi Kembung

Kembung menjadi salah satu masalah pencernaan yang sudah tak asing lagi. Saat perut kembung, kita jadi enggan melakukan rutinitas seperti biasanya karena merasa tidak nyaman.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa gunakan bunga lawang. Selain handal untuk mengobati kembung, bunga lawang juga bisa Anda gunakan dalam menangani begah maupun gas di perut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa saja pasti ingin memiliki jantung yang sehat, termasuk Anda bukan? Maka dari itu, gunakan bunga lawang agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Lagi-lagi manfaat bunga lawang ini berkaitan dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut bisa mencegah penumpukan radikal bebas di tubuh. Jantung pun bisa selalu sehat dan mampu berfungsi dengan baik.

Tak hanya itu saja, jantung juga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hal ini karena bunga lawang juga mengandung ekstrak etanol.

Penting untuk Anda pahami bahwa ekstrak tersebut juga memungkinkan bunga lawang bisa membantu penurunan tekanan darah, kadar limit, dan berat badan.

Cara Mengonsumsi Bunga Lawang

Agar Anda mendapatkan beragam manfaat di atas, maka perlu mengonsumsi bunga lawang secara tepat. Adapun cara mengonsumsinya ialah menambahkan bunga lawang secara utuh ke masakan. Bisa pula mengolahnya menjadi bubuk terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke masakan.

Cara lainnya, Anda bisa merebus bunga lawang untuk menjadikannya sebagai teh. Jangan sampai lupa untuk menambahkan cengkeh dan madu agar rasanya semakin nikmat sekaligus berkhasiat.

Geef een reactie