Meraih Penghargaan Setelah Fokus Berdayahkan Petani Kakao 2024

Program Pemberdayaan Integratif Petani Kakao – Inovasi dari Kebun Sampai Produk Coklat, mengantarkan PT Berau Coal kembali raih penghargaan. Kali ini yakni penghargaan Gold pada kancah CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024.

Aktivitas ini dijalankan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Tempat Ketinggalan & Transmigrasi berkolaborasi dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF), di The Westin Jakarta pada 7 Mei 2024 lalu. Penghargaan hal yang demikian diberi langsung oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan diterima oleh Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal, Arief Wiedhartono.

Ketua Lazim Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF), Sudarmanto mengatakan, pada tahun ini terjadi peningkatan baik peserta maupun pihak-pihak yang terlibat.

“Pada tahun ini, terdapat peningkatan baik peserta maupun juri. Sebanyak 93 kandidat yang lolos dari 100 kandidat yang mendaftar. Tahun ini melibatkan banyak kementerian, kami berharap di tahun-tahun yang akan datang akan lebih banyak kementerian dan institusi yang terlibat,” kata Sudarmanto.

CSR & PDB Awards 2024 yakni penghargaan yang diberi terhadap individu dan perusahaan yang telah berjanji via program CSR mereka untuk mempercepat pembangunan freshnytrees.com desa dan menempuh Sustainable Development Goals (SDGs) desa.

Perusahaan yang mendapatkan penghargaan pada tahun 2024 terdiri atas BUMN dan swasta dari bermacam sektor, mulai dari pertambangan, minyak dan gas, pembangkit listrik, industri dan manufaktur, telekomunikasi, perkebunan, perbankan, real estate, hingga asuransi.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut kegiatan ini sebagai dukungan konkrit terhadap upaya pemerintah dalam pembangunan nasional dan menghadapi tantangan global berhubungan informasi berkelanjutan.

“Pembangunan desa menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah dalam menciptakan struktur perekonomian yang berimbang, berkembang dan berkeadilan. Sejajar dengan arahan presiden berhubungan penguatan BUM Desa,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan itu akan menambah semangat bagi perusahaan negara maupun swasta yang beroperasi di desa untuk lebih bermotivasi mengikutsertakan BUM Desa dan BUM Desa Bersama dalam kegiatan bisnisnya.

“Upaya itu akan menumbuhkan semangat desa, dengan demikian ekonomi desa bisa melaju lebih pesat,” katanya.

Wapres Ma’ruf juga mengapresiasi segala penerima penghargaan CSR & PDB Awards 2024 dan berharap pembangunan desa akan terus terlaksana.

“Selamat terhadap segala penerima penghargaan, terus tunjukan performa terbaik untuk menunjang pembangunan desa,” harapnya.

Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Sementara itu, Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal, Arief Wiedhartono mengaku amat berterima kasih atas apresiasi yang diberi dalam penghargaan ini.

Menurutnya, penghargaan yang diraih yakni format upaya serius PT Berau Coal dalam menunjang peningkatan ekonomi masyarakat via program yang terjadwal di desa-desa binaan perusahaan.

“Tentunya ini menjadi pemacu semangat bagi kita maupun BUM Desa yang ada di kawasan operasional PT Berau Coal untuk kian meningkatkan temuan, mengoptimalkan pemberdayaan dan menciptakan pertumbuhan perekonomian desa yang berkelanjutan,” katanya.

Selain itu, penghargaan itu juga menjadi semangat baru baik bagi tim PT Berau Coal maupun pemangku kepentingan untuk terus melakukan koreksi secara berkelanjutan dalam implementasi pengembangan desa lebih-lebih di Kabupaten Berau.

“Kami berterima kasih dan mengungkapkan terima beri terhadap segala pihak yang telah turut serta dalam melakukan program-program pemberdayaan lebih-lebih pengembangan kakao di Kabupaten Berau yang dijalankan dari kebun hingga menjadi produk cokelat sehingga bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Diketahui, pengembangan perkebunan kakao di Kabupaten Berau terus menampilkan peningkatan, kolaborasi yang baik dari Pemerintah Tempat, PT Berau Coal, BUM Desa dan pihak berhubungan lainnya menunjang peningkatan ekonomi masyarakat lebih-lebih petani kakao. Kakao sebagai komoditas unggulan di Berau dan Kalimantan Timur diharapkan bisa menjadi salah satu penyangga ekonomi selanjutnya dalam perekonomian Berau.

Geef een reactie