Mobil Sering Mati Mendadak di Tengah Perjalanan, Berikut Penyebabnya

Mobil sering mati mendadak di tengah perjalanan tentunya meresahkan. Terlebih lagi saat mobil tersebut mati mendadak di jalan tol atau lingkungan yang jauh dari bengkel. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kendaraan roda empat ini mati mendadak.

Tidak panik dan tetap tenang perlu kita lakukan saat mobil mati mendadak. Kemudian, kita perlu menepi dan mencari tempat aman untuk berpikir dengan kepala dingin. Mesin mobil bisa saja terlalu panas karena perjalanan jauh atau kehabisan bahan bakar.

Kita perlu tahu dahulu penyebab mobil mendadak, apakah togel singapore karena kurangnya perawatan. Sehingga, komponen-komponen pada mobil tidak terjaga dengan baik. Hal ini juga bisa menyebabkan mobil seringkali mati mendadak. 

Mobil Sering Mati Mendadak di Tengah Perjalanan Karena Banyak Faktor

Solusi cepat dan mudah dari permasalahan mobil mogok adalah menghubungi bengkel. Namun, tidak ada salahnya bila kita juga mengenali apa saja faktor-faktor penyebab mobil mati mendadak. Cara menangani setiap penyebab berbeda-beda, bisa langsung kita tangani mandiri atau butuh bengkel.

Mesin Mobil Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas atau overheat bisa menjadi penyebab mobil mogok. Ternyata, masalah ini cukup sering kita temui saat melakukan perjalanan, terlebih perjalanan jauh. Bahan bakar bensin akan menjadi energi panas saat mobil menyala.

Energi panas tersebut akan berubah menjadi energi mekanik untuk menggerakkan mobil. Apabila energi panas terlalu berlebihan, mesin mobil bisa tiba-tiba mati. Kemungkinannya, pemilik mobil tidak rutin memeriksa air radiator.

Karena itu, pastikan periksa air radiator sudah cukup sebelum memulai perjalanan. Penyebab mobil sering mati mendadak karena mesin overheat dan air radiator kurang. Solusinya adalah dengan mengisinya di bengkel atau secara mandiri.

Tangki Bahan Bahan Bakar Kosong

Tidak menutup kemungkinan, alasan mobil tiba-tiba mati adalah tangki bahan bakar kosong. Bila bensin habis, mobil bisa mogok di tengah perjalanan. Selalu cek indikator bahan bakar sebelum kehabisan bahan bakar di jalan.

Pastikan juga untuk mengisi bahan bakar meski indikator belum mencapai area merah. Pemilik mobil juga perlu memastikan indikator bahan bakar di mobil jelas akurat. Bila penunjuk bahan bakar tidak tepat, segera perbaiki di bengkel supaya tidak salah mengira.

Apabila permasalahannya bukan di bahan bakar habis dan mobil tetap mati mendadak, kemungkinan lainnya adalah adanya hambatan pada injector atau pompa yang mengalami kerusakan. Permasalahan akibat tersumbatnya aliran bahan bakar harus segera teratasi supaya mobil tidak sering mati.

Permasalahan pada ECU

ECU merupakan komputer kecil yang fungsinya sebagai sirkuit elektronik utama dalam mobil-mobil modern. Electronic Control Unit ini yang mengendalikan fungsi mekanis. Bila perangkat ini bermasalah, mobil bisa tiba-tiba mogok.

Lampu check engine di dashboard akan menyala bila ECU terjadi masalah. Bila hal tersebut terjadi, pemilik mobil harus memeriksa kesalahan ke mekanik terdekat.

Komponen ECU bukan bagian yang dapat kita perbaiki sendiri. Pastikan untuk mendapatkan pertolongan dari professional atau ahli supaya mobil kembali semula.

Masalah Sistem Pengapian dan Asupan Udara

Penyebab mobil sering mati mendadak bisa terjadi bila sistem pengapian bermasalah. Terlebih lagi sistem pengapian merupakan salah satu penentu kinerja mesin. Bila mesin mati, kemungkinan oli dalam sistem tidak bekerja dengan baik atau lemah.

Sistem pembakaran mobil juga berperan penting, seperti asupan udara di dalam mesin. Komponen seperti air cleanerfilter udara, dan sejenisnya yang rusak dapat mengganggu kinerja asupan udara ke mesin.

Alternator Bermasalah

Alternator atau dinamo ampere yang bermasalah bisa membuat mesin mobil tiba-tiba mati. Sebagai penyuplai listrik ke aki, komponen ini sangat penting untuk mesin hidup. Alternator mampu mengubah energi gerak mesin mobil menjadi energi listrik.

Geef een reactie