Tanggapan Dari Partai PAN untuk Soal Signal Anies Bakal Terbuka Bertemu Prabowo Jelang Pilkada Tahun 2024

Eks Gubernur Jakarta Anies Baswedan merespon soal rencana pertemuannya dengan Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto jelang pelaksaaan Pemilihan Kepala Tempat atau Pilkada 2024.

Anies mengaku betul-betul terbuka jikalau ada pertemuan dan dialog dengan sejumlah tokoh, termasuk Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno yang juga Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran memastikan, Prabowo Subianto tidak akan keberatan. Sebab Eddy meyakini, Prabowo yaitu seorang negarawan sejati.

“Sebagai seorang negarawan Pak Prabowo senantiasa menekankan slot bonus pentingnya dialog dengan seluruh unsur bangsa, termasuk dengan mereka yang menjadi rivalnya dalam Pilpres 2024 lalu,” kata Eddy lewat keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2024).

Dia menerangkan, sifat kenegarawanan Prabowo Subianto telah dibuktikan dengan inisiatifnya untuk melakukan silaturahmi dengan sejumlah pimpinan partai politik (parpol) koalisi rivalnya dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 lalu. Seumpama, PKB dan NasDem.

“Membangun komunikasi dan malahan ‘merangkul’ lawan politik untuk bersama membangun bangsa yaitu salah satu energi pak Prabowo yang mendahulukan keutuhan dan kebersamaan,” ucap Eddy.

“Konsep the winner takes all tidak dikenal dalam kamus bernegara beliau. Selalu yang diutamakan yaitu Merah Putih,” sambung dia.

Pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Komisi VII DPRI RI ini menilai, komunikasi Prabowo dengan tokoh-tokoh politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) termasuk Anies Baswedan, yaitu upaya menyatukan seluruh energi si kecil bangsa.

Tujuannya, kata Eddy, semata untuk bahu membahu berprofesi dan mendahulukan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan golongan atau golongan.

“Inilah keunggulan karakter Pak Prabowo yaitu perundingan politik yang merefleksikan demokrasi ‘guyub dan sejuk’. Demokrasi seperti inilah yang dibutuhkan di Indonesia sebagai upaya merawat persatuan kita,” pungkas Anggota DPR RI Dapil Kota Bogor dan Cianjur ini.

Gerindra Buka Pintu untuk Pertemuan Anies-Prabowo

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengaku, partainya betul-betul terbuka jikalau Anies Baswedan mau bersua dengan Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto.

Menurut Habiburokhman, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto yaitu tokoh bangsa. Dia menyambut bagus jikalau pertemuan hal yang demikian benar-benar terlaksana.

“Beliau (Anies dan Prabowo) juga kan sesama tokoh bangsa. Mengawali komunikasi enggak ada yang salah. Itu bagus ya. Kian banyak pertemuan antar tokoh, itu kian bagus,” ungkap Habiburokhman di Rumit Parlemen Senayan, Jakarta dikutip Jumat 21 Juni 2924.

Dia menerangkan, Prabowo tidak mempunyai sentimen terhadap tokoh tertentu, termasuk Anies Baswedan. Meskipun eks Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbut) RI itu sempat berkompetisi dengan Prabowo pada Pilpres 2024 lalu.

“Kan Pak Prabowo tidak pernah baper dengan pihak-pihak yang pernah berbentrokan, beliau tetap membangun komunikasi yang bagus,” ucap Habiburokhman.

Geef een reactie